Tips Membuat Tagline Produk atau Jasa Untuk Tingkatkan Kegiatan Promosi

Tagline memang kerap kali digunakan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa karena dengan tagline, produk atau jasa tersebut dapat lebih mudah diingat oleh masyarakat luas. Tagline sendiri merupakan suatu ucapan atau slogan yang terdiri tidak lebih dari 7 kata dan dapat menggambarkan kelebihan atau manfaat dari suatu produk atau jasa. Oleh karena itu, penggunaan tagline sendiri sangat erat dengan kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk atau jasa.

Tagline ini pun dikatakan dapat menyampaikan pesan yang kuat dari produk atau jasa tersebut kepada target audience mereka, sehingga tagline dapat menjadi jati diri dari brand yang dipromosikan. Penggunaan tagline dalam kegiatan promosi juga sangat ditonjolkan karena dapat memberikan efek penasaran kepada target audience, sehingga nantinya akan membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Karena tagline ini dapat memberikan efek penasaran kepada target audience serta dapat menjadi jati diri dari produk atau jasa anda, terdapat beberapa tips untuk membuat tagline yang baik agar produk atau jasa anda dapat dengan mudah dikenali dan diingat oleh target audience anda, yaitu:

 

1. Buat Tagline Dengan Kata-Kata Yang Dapat Memancing Emosi (Provokasi)

Kata-kata yang dapat memancing emosi dalam tagline sangat diperlukan karena kata-kata yang memancing emosi ini biasanya bersifat provokasi dalam hal positif. Provokasi yang dimaksud adalah dapat mempengaruhi para target audience untuk melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Kalimat tagline yang dapat memancing emosi dan provokasi ini biasanya dituangkan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan.

 

2. Gunakan Kata-Kata Yang Singkat dan Sederhana

Kata-kata yang singkat dan sederhana juga diperlukan dalam pembuatan tagline agar tagline dapat lebih mudah diingat oleh target audience anda. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membuat tagline dengan jumlah kata yang kurang dari 7 untuk membuatnya sesingkat dan sesederhana mungkin.

 

3. Buat Tagline Dengan Kata-Kata dan Klaim Yang Jujur

Kata-kata yang mengandung klaim yang jujur mengenai produk atau jasa anda juga sangat perlu untuk dimasukkan ke dalam tagline anda. Hal ini dilakukan agar target audience yang nantinya tertarik dan ingin membeli produk atau jasa anda juga tidak kecewa dengan klaim berlebih yang anda masukkan ke dalam tagline anda.

Selain itu, tagline dengan klaim berlebihan akan membuat target audience anda tidak percaya lagi dengan produk atau jasa anda karena mereka akan merasa diberi janji palsu yang buktinya tidak di dapatkan dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

Contoh:

“Obat Paling Ampuh”

“Produk Terbaik No. 1”

 

4. Buat Logo Yang Simple

Peletakkan tagline biasanya disatukan di dalam logo sebuah brand sehingga penting untuk membuat logo yang simple agar mudah diingat oleh target audience anda. Namun walaupun logo yang diperlukan simple, logo tersebut harus bisa menggambarkan identitas atau filosofi bisnis anda sehingga kehadiran tagline anda nantinya dapat semakin memperkuat identitas atau filosofi brand anda. Dengan begitu, logo yang simple didukung dengan tagline anda yang menarik ini dapat semakin menarik lebih banyak target audience anda.

 

5. Sisipkan Kepribadian Bisnis Dalam Tagline

Dalam membuat tagline yang baik, diperlukan juga penyisipan kepribadian dari brand atau bisnis anda agar orang-orang dapat melihat keunikan di dalam brand anda tersebut. Dengan keunikan yang ditonjolkan dari tagline anda ini, dapat membuat orang-orang melihat brand anda secara berbeda dan unik sehingga akan menambah nilai plus dari produk atau jasa anda di mata mereka.

 

6. Sisipkan Manfaat Produk atau Jasamu Dalam Tagline

Informasi mengenai manfaat dari produk atau jasa anda juga penting untuk diletakkan dalam kata-kata atau kalimat tagline anda. Hal ini dilakukan agar target audience anda dapat dengan mudah melihat manfaat dari produk atau jasa anda sehingga akan mempermudah mereka juga untuk memutuskan kegiatan pembelian. Namun, pastikan bahwa informasi mengenai manfaat dari produk atau jasa yang anda masukkan dalam tagline tersebut hanyalah manfaat utama yang ditawarkan dari produk atau jasa anda agar tagline anda dapat tetap singkat dan mudah diingat.

 

Itu adalah tips-tips dalam menyusun tagline dari produk atau jasa anda secara efektif. Pastikan brand anda memiliki tagline karena tagline merupakan hal pertama yang dapat memancing target audience anda untuk tertarik kepada produk atau jasa yang anda tawarkan. Namun perlu diingat bahwa dalam penyusunan tagline, memang diperlukan kreativitas yang tinggi untuk dapat menghasilkan kata-kata sesingkat mungkin namun dapat memancing emosi. Kuncinya adalah tetap berusaha mengasah kreativitas anda dan jangan menyerah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *