Ini Dia Jenis-jenis CTA (Call To Action) Yang Penting Untuk Ditulis Pada Konten Instagram Anda Untuk Menarik Pelanggan

JUDUL ARTIKEL

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

JUDUL ARTIKEL

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Yuk, pesan sekarang.
Buat janji dulu aja
dengan team kami.

Follow Us

Email:

tuvideo.id@gmail.com
Phone: 0821.61.200.500

Studio design yang menawarkan jasa 

bidang animasi iklan, desain grafis, 

website, dan media sosial. 

Dengan kualitas terbaik.

Follow Us

Email:

tuvideo.id@gmail.com
Phone: 0821.61.200.500

  Dalam mempromosikan produk atau jasa, tentu diperlukan kalimat atau kata-kata yang dapat menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Karena faktanya selain menggunakan foto produk atau design, kata-kata atau kalimat juga berperan penting dalam menarik pelanggan untuk melakukan aksi purchasing atau pembelian. Oleh karena itu, diperlukan CTA (Call To Action) dalam praktik promosi yang anda lakukan, apapun platform yang anda gunakan untuk berbisnis. CTA atau Call To Action adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia marketing agar calon customer diharapkan dapat mengambil langkah untuk melakukan purchasing atau pembelian terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. CTA biasanya akan berbentuk gambar, tulisan, ataupun kalimat yang dapat mendorong pelanggan untuk mengunjungi website, men-download e-book, ataupun mem-follow akun media sosial anda.   Dalam mengupayakan promosi yang efektif dengan menggunakan CTA, terdapat beberapa jenis CTA yang biasa digunakan di dalam konten Instagram untuk menarik calon customer diantaranya:

1. Navigation

CTA jenis ini adalah CTA yang digunakan untuk mengarahkan audience agar melakukan swipe pada postingan dan story anda serta agar mereka membaca caption pada postingan tersebut. Dengan mendorong audience untuk bertindak lebih jauh pada postingan anda, akan semakin besar pula kesempatan bagi mereka untuk tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan di dalam postingan tersebut. Hal ini terjadi karena audience anda akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan yang mungkin sesuai dengan goals ataupun pain yang tengah mereka rasakan.

2. Reach

CTA jenis ini adalah CTA yang penting untuk dihadirkan dalam postingan Instagram anda karena CTA ini dapat mendatangkan lebih banyak traffic ke postingan anda dan bahkan ke akun anda. Reach ini dilakukan dengan menambahkan CTA yang mengajak audience untuk men-tag akun Instagram kerabat mereka ataupun meminta audience anda untuk membagikan postingan anda ke kerabat mereka. Dengan begitu, traffic postingan anda pun akan meningkat karena akan ada banyak audience di luar followers anda yang datang ke akun anda dan melihat postingan tersebut. Hal ini juga tentunya dapat berdampak terhadap penjualan dari produk atau jasa yang anda tawarkan melalui postingan tersebut.

3. Engagement

CTA jenis Engagement adalah CTA yang berfungsi untuk menambah engagement dalam akun dan postingan anda. Caranya adalah dengan mengajak audience anda untuk melakukan save dan share pada postingan anda. Kedua hal ini dapat membantu meningkatkan engagement akun dan postingan anda, sehingga Instagram akan mem-push akun dan postingan anda agar lebih banyak dilihat dan diketahui orang lain di luar followers anda, contohnya adalah dengan mem-push postingan anda untuk tampil di explore orang-orang yang tidak mem-follow anda. Dengan begitu, produk dan jasa yang anda tawarkan pun dapat lebih luas diketahui oleh banyak orang.

4. Discuss

Sama seperti Engagement, CTA Discuss ini juga berfungsi untuk meningkatkan Engagement pada akun dan postingan anda. CTA Discuss dilakukan dengan meminta audience anda untuk meninggalkan komentar pada postingan anda. Komentar tersebut dapat berupa ajakan untuk berdiskusi dengan audience lain ataupun untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Tidak hanya itu, audience juga dapat bertanya mengenai produk atau jasa yang ditawarkan melalui kolom komentar ini sehingga anda dapat memfilter audience yang merasa tertarik dengan produk atau jasa anda untuk kemudian anda lakukan tindakan lebih lanjut dalam mempromosikan produk atau jasa anda.

5. Conversion

CTA jenis Conversion digunakan untuk mengajak audience untuk terus mengikuti update-an dari akun Instagram anda mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan, baik itu dari postingan feed maupun story. Caranya adalah dengan mengajak mereka untuk mem-follow akun Instagram anda untuk update-an selanjutnya dari produk atau jasa anda. Dengan adanya CTA ini, audience anda pun akan merasa penasaran dan akhirnya memutuskan untuk mem-follow akun anda. Hal ini pun akan membuat mereka terus terpapar dengan informasi dari produk atau jasa yang anda tawarkan sehingga nantinya diharapkan mereka akan melakukan tindakan terhadap produk atau jasa anda seperti pembelian.

6. Leads/Sales

Jenis CTA yang terakhir ini adalah CTA yang mengajak audience anda untuk melakukan aksi yang dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian terhadap produk atau jasa anda. CTA ini dapat berupa kalimat yang mengajak audience untuk mengklik link di bio anda, mengirimkan DM kepada anda untuk menanyakan pricelist, maupun untuk langsung menghubungi anda melalui kontak yang tertera. Dengan begini, anda pun dapat dengan lebih mudah untuk mempromosikan produk atau jasa anda karena orang-orang yang telah tertarik untuk menghubungi anda melalui cara-cara tersebut juga biasanya sudah mulai tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Tinggal mencocokkan budget dan keinginan mereka, maka tahap pembelian pun akan terlaksana.   Itu adalah beberapa jenis CTA yang biasa digunakan/ditulis pada konten Instagram agar dapat menarik audience yang lebih banyak lagi dalam rangka meningkatkan traffic penjualan produk atau jasa anda. Dalam praktiknya, anda tidak harus meletakkan semua CTA tersebut di dalam 1 konten postingan anda namun upayakan untuk membuat CTA dengan kalimat yang dapat menarik audience secara mudah. Selain itu, anda juga dapat menambahkan promosi dari produk atau jasa anda di dalam kalimat CTA anda untuk dapat menarik lebih banyak audience dan calon customer. Happy Trying!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *