Digital Marketing Vs Traditional Marketing. Pilih Mana?

Teknik marketing di era sekarang terdiri dari berbagai jenis dan cara. Hal ini terjadi karena teknik marketing juga mengikuti perkembangan era dan trend yang sedang digemari sekarang karena jika tidak, maka teknik yang sudah lama tidak akan bekerja untuk memasarkan produk atau jasa anda. Hal ini pun akan mengakibatkan penjualan produk atau jasa anda tidak mengalami peningkatan. 

Oleh karena itu, muncullah istilah Digital Marketing dan Traditional Marketing di era sekarang ini untuk membedakan teknik marketing lama dengan yang baru. Tidak hanya istilahnya saja yang berbeda, namun teknik yang digunakan di dalamnya juga memang berbeda. Perbedaan ini dipicu karena adanya perkembangan teknologi yang sudah sangat maju sehingga teknik marketing yang digunakan pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

 

Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing yang sangat dirasakan adalah perbedaan platform yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa. Pada Traditional Marketing, pemasaran produk atau jasa hanya dapat dilakukan dengan memasang spanduk iklan pada papan reklame atau baliho besar di pinggir jalan, mencetak ratusan brosur, atau pemasangan iklan melalui televisi yang tentunya persyaratannya tidak mudah.

Namun pada Digital Marketing, anda dapat memasarkan produk atau jasa dimanapun dan kapanpun dengan cara yang mudah. Hal ini terjadi karena di era sekarang dimana kemajuan teknologi telah berkembang dengan pesat, terdapat platform yang dapat membantu anda untuk memasarkan produk atau jasa anda dengan mudah tanpa harus mengeluarkan usaha dan modal yang banyak seperti pada Traditional Marketing. Pada era Digital Marketing, anda dapat memasarkan produk atau jasa anda melalui media sosial secara mudah dan cepat. Hanya dengan sekali klik, anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa anda kepada siapapun yang tergabung di dalam media sosial.

 

Media sosial yang dapat digunakan untuk memasarkan produk atau jasa anda juga terdiri dari banyak pilihan yang semuanya dapat digunakan dengan mudah seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, hingga YouTube. Bahkan beberapa dari media sosial tersebut menyediakan fitur khusus bagi anda para pebisnis untuk beriklan yakni Instagram dan Facebook yang memiliki fitur Instagram Ads dan Facebook Ads. Di fitur ini, anda dapat mengatur bagaimana iklan anda akan ditayangkan dan kepada siapa iklan tersebut akan ditayangkan secara spesifik.

Perkembangan teknik marketing dari Traditional ke Digital ini tentunya memberikan kesan, kelebihan, serta kekurangannya masing-masing yang tidak dapat dibandingkan satu sama lain. Teknik Traditional Marketing sendiri memiliki kelebihan berupa sifatnya yang permanen karena dicetak secara fisik sehingga tidak akan mudah hilang. Selain itu, Traditional Marketing ini juga lebih berkesan karena dapat dilihat secara langsung oleh konsumen sehingga dapat lebih mudah diingat dibanding promosi yang dipasang di media sosial yang biasanya hanya bisa dilihat sepintas dan mudah dilupakan. 

 

Keuntungan Digital Marketing

Sedangkan Digital Marketing sendiri ini tentunya dapat lebih mudah menjangkau konsumen secara luas karena platform yang digunakan dapat menjangkau konsumen dari banyak kota bahkan hingga 1 negara. Hal ini tentunya mempermudah kegiatan promosi yang dilakukan karena anda tidak perlu mempromosikan produk anda ke banyak tempat seperti yang dilakukan pada Traditional Marketing.

Selain itu dengan Digital Marketing ini, efektivitas dari promosi yang anda jalankan juga dapat dengan mudah diukur karena telah ada fitur pada media sosial yang digunakan untuk melihat seberapa efektif promosi yang telah anda lakukan. Hal ini pun tentunya akan memudahkan anda dalam melakukan evaluasi terhadap bisnis anda.

Teknik Digital Marketing ini juga rupanya dapat menjangkau target market yang lebih spesifik berdasarkan demografis, psikografis, dan geografis sehingga memungkinkan anda untuk menjangkau target konsumen yang benar-benar sesuai dengan kriteria dan produk yang anda tawarkan. Pemasaran seperti ini tentunya sangat efektif karena target konsumen yang sespesifik mungkin akan langsung membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini terjadi karena produk atau jasa anda tersebut merupakan hal yang benar-benar mereka butuhkan untuk menjawab permasalahan atau tujuan mereka.

Selain itu, Digital Marketing sangat memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Dengan sekali klik, konsumen dapat meninggalkan pendapat atau feedback lainnya di konten yang diunggah penjual sehingga penjual dapat memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen mereka.

Itu adalah beberapa perbedaan dari teknik Digital Marketing dan Traditional Marketing. Teknik Traditional Marketing sebenarnya masih digunakan pada era sekarang ini, walaupun teknik Digital Marketing sudah menguasai teknik marketing yang digunakan pada era sekarang. Namun, teknik Traditional Marketing terkadang masih perlu digunakan untuk melengkapi teknik Digital Marketing. Jadi, pilih teknik marketing yang sesuai dengan brandmu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *