Bisnis Di Era Pandemi

7 Tips Memaintain Bisnis Di Era Pandemi

Bisnis Era Pandemi – Selain berdampak terhadap bidang kesehatan, pandemi COVID-19 yang mengguncang dunia setahun belakangan ini juga tentunya berdampak kepada hal-hal lain yang berjalan di kehidupan ini, tak terkecuali bidang perekonomian yang juga tidak luput dari dampak negatif yang disebabkan oleh pandemi ini.

Salah satu akibat yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 terhadap bidang perekonomian adalah menurunnya jumlah penjualan, baik penjualan pada bisnis online maupun offline. 

Hal ini disebabkan karena masyarakat tidak diizinkan untuk banyak beraktivitas di luar rumah guna menghindari penyebaran COVID-19, sehingga hal tersebut tentunya juga berdampak kepada kondisi keuangan mereka. 

Akibatnya, daya beli konsumen terhadap produk atau jasa dari perusahaan kecil maupun menengah pun menurun dengan pesat dan menyebabkan beberapa perusahaan tersebut terpaksa gulung tikar.

Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi anda yang berbisnis di era pandemi ini, karena anda tentunya harus mempertahankan kelangsungan bisnis anda tersebut. 

Untuk tetap mempertahankan bisnis anda di era pandemi ini, memang terdapat beberapa hal dan cara yang harus anda korbankan sedikit supaya bisnis anda bisa tetap berjalan.

Berikut adalah 7 tips bagi kamu untuk memaintain bisnis anda di era pandemi :

1. Ceritakan cerita dan brand anda

Disamping hanya melakukan promosi untuk memasarkan produk atau jasa anda, anda juga bisa loh berbagi cerita kepada customer mengenai pengalaman berbisnis yang anda alami selama era pandemi ini ataupun cerita mengenai brand anda

Selain untuk mengedukasi customer, cerita-cerita tersebut dapat membuat anda dan customer anda menjadi lebih dekat sehingga akan menumbuhkan kepercayaan di dalam diri customer anda untuk kemudian menggunakan produk atau jasa anda.

2. Berikan Penawaran Khusus

Dengan memberikan penawaran khusus, tentu akan membuat customer anda terpanggil untuk membeli produk atau jasa anda. 

Anda bisa memberikan potongan diskon ataupun penawaran spesial lainnya untuk customer yang membeli produk atau jasa anda. 

Dengan begitu secara tak langsung, hal tersebut akan memperluas jangkauan penjualan anda karena customer akan mempromosikannya kepada kerabat mereka.

3. Tunjukkan sisi empati dan supportif

Ketika anda berbisnis terlebih di era pandemi ini, anda tidak bisa hanya mempromosikan produk atau jasa anda dengan gencar di seluruh media sosial karena hal tersebut pasti akan kurang efektif untuk mengembangkan bisnis anda. 

Sebaliknya, anda juga butuh untuk menunjukkan sisi empati dan supportif anda kepada customer terhadap keadaan yang sedang terjadi sekarang. Hal tersebut dapat ditunjukkan melalui postingan media sosial anda yang berisi keprihatinan terhadap pandemi COVID-19 ataupun dukungan bagi orang-orang yang tengah berjuang melawan COVID-19.

4. Lakukan Kolaborasi

Kolaborasi bisnis anda dengan bisnis lain tentunya akan memberikan keuntungan di kedua belah pihak, terlebih di era pandemi seperti sekarang ini dimana masing-masing bisnis terkena dampak dari pandemi COVID-19. 

Kolaborasi ini pun akan meningkatkan engage dari masing-masing bisnis karena tentunya mereka telah memiliki customer atau audiencenya masing-masing.

Selain itu dengan berkolaborasi, masing-masing bisnis tersebut dapat melengkapi kelemahan dan kelebihan yang mereka miliki untuk menciptakan produk atau jasa yang lebih baik dan bermanfaat lagi bagi customer.

5. Pertahankan Customer Lama

Di era pandemi seperti sekarang ini, penting untuk tetap mempertahankan customer lama anda sebagai customer setia pada bisnis anda.

 Hal ini dikarenakan akan cukup sulit untuk meraih customer baru pada era pandemi ini sehingga orang-orang yang bisa memberikan keuntungan bagi bisnis anda adalah customer lama anda. So, tetap jalin hubungan baik dengan customer lama ya..

6. Lakukan bisnis dan pemasaran secara online dan digital

Era pandemi yang membatasi kegiatan orang di luar rumah tentunya akan membuat orang-orang merasa bosan berada di dalam rumah. Kebosanan ini pun membuat orang-orang beralih ke dunia digital, dimana semua hal telah tersedia di dalamnya. 

Hal ini akan mengarah kepada peningkatan pengguna media online dan digital sehingga hal tersebut akan menjadi kesempatan anda untuk bisa mengalihkan bisnis anda menjadi bisnis online. 

Dukung juga bisnis online anda dengan pemasaran yang dilakukan secara digital untuk dapat menambah tingkat penjualan.

7. Lakukan inovasi terhadap bisnis anda

Karena omset penjualan menurun di masa pandemi ini, anda juga perlu untuk melakukan inovasi terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan untuk kembali meningkatkan penjualan. 

Inovasi tersebut dapat dilakukan dengan memperkenalkan produk atau layanan baru kepada customer. Akan lebih baik lagi jika produk atau layanan baru ini dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi customer selama masa pandemi Covid-19 ini.

Nah itu dia tips-tips untuk mempertahankan bisnis anda di era pandemi ini. Jika anda merasa telah menerapkan tips-tips di atas namun belum anda perkembangan yang terlihat, anda harus bersabar dan tetap tekun dalam menjalankan bisnis anda tersebut. 

Karena berbisnis di era pandemi ini memang memerlukan kesabaran dan keuletan yang ekstra.

Yuk, pesan sekarang.
Buat janji dulu aja
dengan team kami.