7 Teknik Closing Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

 

Closing dalam berjualan atau mempromosikan produk atau jasa anda memang penting untuk dilakukan. Hal ini terjadi karena Closing akan menentukan apakah calon customer anda akan melanjutkan kegiatan pembelian mereka atau tidak. Teknik Closing sendiri merupakan teknik untuk membuat calon customer anda menjadi customer dari produk atau jasa anda yang sesungguhnya. Closing ini penting untuk dilakukan karena dalam proses ini, anda akan mengarahkan calon customer anda yang tadinya mungkin masih meragukan produk atau jasa anda menjadi yakin sehingga mereka akhirnya melakukan tahap pembelian atau purchasing.

Oleh karena itu, anda pun harus melakukan teknik Closing yang tepat agar calon customer anda tersebut berubah menjadi customer anda yang sesungguhnya dengan melakukan pembelian produk atau jasa anda. Sebelum mencapai teknik Closing ini, anda pun harus dengan maksimal membuat calon customer anda memahami keunggulan dari produk anda dan mengapa mereka membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan tersebut. Dengan begitu, akan terbangun kepercayaan di dalam diri calon customer anda terhadap produk atau jasa anda tersebut.

 

Di bawah ini merupakan 7 teknik Closing yang dapat dengan efektif meningkatkan penjualan:

1. Teknik 3 In 1

Teknik ini dilakukan dengan menawarkan 3 keuntungan dari produk atau jasa anda di dalam 1 kalimat Closing. Keuntungan yang ditawarkan dituliskan dalam 3 kata singkat yang langsung menggambarkan keunggulan dari produk atau jasa anda secara to the point. Teknik ini pun dianggap akan lebih mudah mempengaruhi calon customer karena kata-kata tersebut akan langsung masuk ke dalam pikiran konsumen.

Contoh:

“Produk kita dijamin aman, ramah lingkungan, dan cocok untuk menemani kesibukan Kakak nih jadi pasti Kakak gak akan salah pilih deh.”

 

2. Berikan Pilihan

Teknik ini dilakukan dengan memberikan pilihan kepada calon customer anda mengenai pilihan produk atau jasa anda. Teknik ini dilakukan untuk memastikan apakah calon customer anda akan melakukan pembelian atau tidak. Namun untuk menghindari jawaban “Tidak” dari calon customer anda, usahakan untuk bertanya dengan memberi pilihan daripada hanya sekedar bertanya “Apakah jadi membeli Kak?”

Contoh:

“Halo Kak, untuk bajunya jadinya mau warna biru atau hijau?”

“Halo Kak, untuk jasa servisnya jadi mau di hari weekdays atau weekend?”

“Halo Kak, untuk pembayaran mau transfer bank atau pakai Gopay?”

 

3. Now or Never

Teknik closing ini dilakukan dengan memberikan informasi yang langka mengenai produk atau jasa anda terhadap calon customer. Hal ini dilakukan untuk mempengaruhi calon customer bahwa jika mereka tidak melakukan pembelian dengan segera, maka mereka akan melewatkan kesempatan menguntungkan dari produk atau jasa anda. Dengan teknik ini, calon customer anda pun akan merasa bahwa mereka tidak ingin kehilangan kesempatan menguntungkan ini dan akan terdesak untuk membeli. Biasanya, informasi-informasi untuk memancing keterdesakan pembeli ini merupakan informasi mengenai diskon atau promo spesial yang jangka waktunya terbatas.

 

4. Empati

Teknik Closing ini dilakukan dengan menunjukkan empati kepada calon customer anda. Jadi dengan teknik ini, anda menempatkan diri sebagai konsumen yang merasakan pain sebelum mereka menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan teknik ini pula, akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan di dalam diri calon customer anda karena mereka akan merasa bahwa ada orang lain yang mengalami hal yang sama dengan dirinya, namun bisa teratasi dengan penggunaan produk atau jasa yang anda tawarkan.

 

5. Testimoni

Teknik ini adalah teknik pemberian testimoni kepada calon customer anda. Teknik ini pun dapat dengan efektif membuat calon customer melakukan pembelian terhadap produk atau jasa anda karena mereka merasa telah mendapatkan bukti nyata dari penggunaan produk atau jasa anda. Selain itu, teknik ini juga dapat memperkuat argumen yang sudah pernah anda sampaikan kepada calon customer anda karena argumen ditambah bukti dapat semakin meyakinkan calon customer anda. Testimoni ini biasanya disampaikan dalam bentuk screenshot chat dengan customer anda yang lain yang sudah pernah mencoba produk atau jasa anda.

 

6. Eksklusif atau Spesial

Teknik Closing ini dilakukan dengan menawarkan sesuatu yang sifatnya eksklusif dan spesial kepada calon customer anda seperti misalnya menawarkan pembelian produk anda dan mendapatkan hadiah spesial.

Selain itu, teknik ini juga dapat dilakukan dengan mengatakan kepada calon customer anda bahwa produk yang ada jual jumlahnya terbatas dan hanya terdapat beberapa item saja di wilayah anda. Dengan begini, akan membuat calon customer anda merasa spesial karena mereka merupakan salah satu orang yang ditawari “produk spesial” anda beserta dengan hadiahnya.

 

7. Memberikan Pujian

Teknik Closing terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pujian kepada calon customer anda. Dengan pujian yang diberikan, maka calon customer anda pun akan merasa senang dan cocok dengan produk atau jasa anda sehingga mereka akan memutuskan untuk melakukan pembelian.

Contoh:

“Warna baju ini cocok banget loh untuk Kakak, tone warna kulit Kakak jadi keliatan lebih cerah.”

 

Itu adalah ketujuh teknik Closing penjualan yang dianggap efektif dalam meningkatkan penjualan. Pastikan untuk memilih teknik yang tepat untuk produk atau jasamu supaya tekniknya dapat bekerja dengan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk atau jasamu. Dan ingat bahwa disamping anda menerapkan teknik Closing yang berpengaruh untuk meningkatkan penjualan, produk atau jasa yang anda jual pun harus berkualitas dan sesuai dengan harapan calon customer anda ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *