6 Tips Membuat Headline Yang Efektif Untuk Menarik Pembaca

Headline merupakan bagian terpenting dalam penulisan apapun, baik itu penulisan artikel, copywriting, maupun konten pada media sosial. Dengan adanya headline, rasa penasaran pembaca atau audience terhadap isi dari tulisan yang anda tulis dapat terpancing. Hal ini terjadi karena headline biasanya ditulis pada halaman paling depan dari artikel, copywriting, dan konten pada media sosial sehingga headline tentunya akan dibaca terlebih dahulu oleh para pembaca.

Oleh karena itu, anda pun harus membuat headline yang menarik agar dapat dengan efektif menarik para pembaca dan audience anda untuk membaca tulisan anda lebih lanjut, terutama jika tulisan yang anda buat bertujuan untuk marketing, penjualan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan promosi. Jika headline yang anda buat tidak efektif, maka tentunya kegiatan marketing dan promosi yang anda lakukan tidak akan mengalami perkembangan.

 

Di bawah ini adalah tips membuat headline yang dapat dengan efektif menarik pembaca:

1. Jangan Gunakan Kalimat Yang Terlalu Panjang

Kalimat yang terlalu panjang akan membuat pembaca merasa bosan, tidak tertarik, dan akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan kegiatan membaca mereka. Hal ini pun tentunya akan berdampak kurang baik terhadap kegiatan marketing dan promosi yang anda lakukan. Selain itu, kalimat yang terlalu panjang pada headline akan membuat headline anda terpotong oleh mesin pencari. Pemotongan kata oleh mesin pencari ini akan berdampak pada rendahnya tingkat konversi pembaca.

Hal ini juga tentunya berlaku ketika anda menulis headline untuk media sosial. Headline yang terlalu panjang akan membuat pembaca tidak akan melanjutkan kegiatan membaca mereka, terlebih ruang penulisan di media sosial cenderung lebih “sempit” daripada di platform lain.

2. Gunakan Nomor dan Data Pada Kalimat Headline Anda

Menggunakan nomor dan data pada kalimat headline akan menambah keefektivitasan dari headline yang anda tulis. Hal ini terjadi karena nomor dan data dapat membuat pembaca penasaran dan percaya dengan isi tulisan yang anda buat sehingga merekapun akan melanjutkan kegiatan membacanya sampai ke isi tulisan anda. Hal ini tentunya akan berdampak kepada kegiatan marketing atau promosi yang anda lakukan karena dengan melanjutkan kegiatan pembacaan mereka, audience anda akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan dan kesempatan bagi audience anda untuk tertarik dengan produk atau jasa anda lebih besar.

3. Buat Headline Yang Mengandung Sesuatu Yang Bermanfaat

Pembaca akan merasa lebih senang ketika mereka membaca tulisan yang menyampaikan “sneak peek” jika tulisan yang akan mereka baca mengandung sesuatu yang berguna bagi mereka. Hal ini terjadi karena dengan ini, pembaca akan mengetahui bahwa tulisan yang akan mereka baca dapat mengatasi permasalahan yang ingin mereka atasi atau mencapai tujuan yang ingin mereka raih. Oleh karena itu, anda bisa mendefinisikan masalah yang ingin anda angkat dalam tulisan anda sekaligus menawarkan solusi dari permasalahan tersebut pada headline yang anda tulis.

4. Buat Headline Dengan Mengangkat Sesuatu Yang Mendesak

Sesuatu yang mendesak biasanya akan lebih mudah men-trigger pembaca untuk membaca suatu tulisan secara menyeluruh. Hal ini dapat anda aplikasikan dalam penulisan headline dengan mengangkat hal-hal yang sedang mendesak dan penting yang sedang menjadi perhatian masyarakat. Anda dapat menulis “sneak peek” dari informasi yang akan anda bagikan dalam tulisan anda pada headline tersebut. Dengan begitu, audience akan membaca tulisan anda secara menyeluruh karena mereka merasa membutuhkan informasi tersebut. Hal ini dapat diaplikasikan pada konten yang anda buat di media sosial, artikel, maupun promosi produk atau jasa apabila produk dan jasa yang anda tawarkan relevan dengan hal yang mendesak tersebut.

5. Buat Headline Yang Spesifik

Penulisan headline yang spesifik juga dapat dengan efektif menarik pembaca untuk membaca keseluruhan isi tulisan anda karena dengan headline yang spesifik ini, pembaca akan mengetahui informasi seperti apa yang akan mereka dapatkan dari tulisan yang akan mereka baca. Anda dapat membuat headline yang menggambarkan isi konten secara keseluruhan untuk menarik rasa penasaran dari para pembaca anda. Hal ini juga tentunya berlaku pada penulisan headline untuk kegiatan marketing dan promosi produk. Jika anda tidak menuliskan headline secara spesifik mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan, maka calon customer anda juga tidak akan tertarik untuk melihat promosi anda lebih lanjut.

6. Buat Headline Yang Unik

Kata-kata atau kalimat yang unik memang memiliki ruang lingkup yang luas. Unik bisa diartikan dan dieskpresikan dalam berbagai cara dan tidak terbatas pada suatu hal. Namun, headline yang unik dapat ditulis dengan menggunakan kalimat yang meninggalkan kesan unik pada pembaca karena dengan kesan unik tersebut, tentunya headline ini dapat menarik perhatian mereka juga. Anda dapat memilih kata-kata atau kalimat yang populer di kalangan target market anda ataupun kata-kata yang tengah menjadi tren.

 

Di atas ini adalah 6 tips dan trik dalam menulis headline yang efektif untuk menarik pembaca atau calon customer anda. Kunci dalam menulis headline yang menarik adalah dengan melakukan latihan berulang kali sampai anda merasa bahwa teknik penulisan headline anda semakin membaik. Dalam melakukan latihan penulisan headline, terapkanlah tips dan trik di atas untuk mencapai headline yang efektif yang dapat menarik pembaca. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *